sejarah tentang BMW
BMW, pasti anda bertanya-tanya kenapa namanya begitu. Jika namanya singkatan, berarti memiliki kepanjangan. Tidak semua tahu apa kepanjangannya. BMW, yaitu Bayerische Motoren Wekre. Dalam bahasa inggris Bavarian Motor Works. Kata "Motor" yang berakronim antara 2 artikulasi pada ke-2 bahasa tersebut, merupakan kunci sukses setiap produksi BMW.
Perjalanan peradaban hari ini telah menghasilkan mobil BMW, yang mempunyai bahan yang sangat istimewa. Keistimewaan inindapat dirasakan oleh pengendaranya. Mobil BMW mempunyai keistimewaan yang atak tersentuh dan perawatan yang elegan ketika dikemudikan. Atas dasar itulah timbul suatu slogan dari mereka yaitu :the ultimate driving machine". Hal ini dihasilkan dari pertalian antara mobil dengan pengenmudi, dimana mereka telah mencapai keselarasan perjalanan hidup bersama.
Berikut adalah cerita-cerita awal mula hingga kesuksesan BMW hingga kini.
Tahun1913
Didirikan pertama kali oleh Karl Friedrich Rapp pada Oktober 1913. Tidak ada yang tahu bahwa mesin BMW berasal dari bahan bakar pesawat terbang. Rapp mendirikan "Rapp-Motorenweke", dimana usaha tersebut merupakan salah satu pabrik motor di Munich, Jerman. Rapp memulai dengan usaha bahan bakar pesawat terbang, tetapi sayangnya dia mengalami sakit dan kemudian tutup usia. Kemudian Rapp's Factory diwariskan kepada anaknya, Gustav Otto, bisnisnya bergerak pada bidang pembangunan lapangan terbang kecil. Otto sangat menikmati kesuksesannya dengan "Gustav Flugmaschinefabrik".
Tahun 1916
Rapp Motoren Werke mempunyai masalah dengan keberadaan mesin-mesinnya. Mereka mempunyai masalah dengan kontrak Austro Daimler, dimana mereka tidak bisa memenuhi permintaan pembangunan mesin V12 Aero karena tidak mendapatkan ijin penerbitan (under license). Perusahaannya melakukan ekspansi terlalu cepat, dan tahun 1916 Karl Friedrich Rappmengundurkan diri dari perusahaan karena maslah keuangan. Kemudian perusahaan Rapp Motoren Werkediambil alih oleh 2 orang Austria; Franz-Josef Popp danMax Fritz. Mereka berasal dari Vienna Financier yang dimiliki oleh Camillo Castiglioni. Mereka mengatur Rapp Motoren Werke secara meyakinkan, Gustav Otto's "Gustav Flugmaschinefabrik" di merger dengan "Rapp-Motoren Werke". Kemudian mereka merubah nama perusahaan tersebut menjadi Bayerische Flugzeug-Werke atau BFW, dalam bahasa Inggrisnya adalah "Bavarian Aircraft Works". Kemudian dalam waktu dekat perusahaan tersebut berubah nama menjadi BMW dan pada tahun 1918 menjadi BMW AG (AG dalam bahsa Jerman-nya adalah Aktiengesellschaft, yang artinya kepemilikan sahamnya diperjual-belikan di pasar modal. Kebijaksanaan ini digunakan di Jerman, Austria, dan Swiss, kalau menurut orang Amerika perusahaan ini telah menjadi "Public Company").
Tahun 1972
Singkat cerita, meloncat ke tahun 1972 yang sekaligus tahun Olimpiade musim semi di Munich. Paul Bracq, manager disalin dari BMW, kreasinya melahirkan Turbo Prototipe. Dengan interior futuristik, desain eksterior yang manis untuk pintu. Mobil bermerk BMW itu telah diperkuat oleh mesin 4 silinder, dengan kekuatan mesin 1990 cc menghasilkan tenaga 280 bhp.
BMW Seri 5 dikenalkan kepada publik untuk pertama kalinya. Dengan embel embel kode E12, mobil ini diperuntukkan bagi pasar Amerika, yang berguna menjadi sumber keuntungan bagi BMW. BMW seri ini memiliki 2 jenis produk: 520 dan 520i dengan ciri sedan 4 pintu bermesin 4 silinder.
BMW mendirikan pabrik baru di Afrika.
Tahun 1973
Pada pameran mobil di Frankfurt, BMW 2002 Turbo menjadi salah satu mobil turbo terbaik di dunia.
Tahun 1972
Singkat cerita, meloncat ke tahun 1972 yang sekaligus tahun Olimpiade musim semi di Munich. Paul Bracq, manager disalin dari BMW, kreasinya melahirkan Turbo Prototipe. Dengan interior futuristik, desain eksterior yang manis untuk pintu. Mobil bermerk BMW itu telah diperkuat oleh mesin 4 silinder, dengan kekuatan mesin 1990 cc menghasilkan tenaga 280 bhp.
BMW Seri 5 dikenalkan kepada publik untuk pertama kalinya. Dengan embel embel kode E12, mobil ini diperuntukkan bagi pasar Amerika, yang berguna menjadi sumber keuntungan bagi BMW. BMW seri ini memiliki 2 jenis produk: 520 dan 520i dengan ciri sedan 4 pintu bermesin 4 silinder.
BMW mendirikan pabrik baru di Afrika.
Tahun 1973
Pada pameran mobil di Frankfurt, BMW 2002 Turbo menjadi salah satu mobil turbo terbaik di dunia.
Tahun 1990
Meloncat ke tahun 1990an, BMW merilis 4 model terbarunya yaitu: 316i, 318i, 320i, dan 325i.
BMW 316i |
BMW 318i |
BMW 320i |
BMW 325i |
Tahun 1991
Mesin Diesel untuk BMW baru diperkenalkan dan diperbaharui untuk BMW Seri 3 dan BMW Seri 5.
BMW Seri 3 Diesel |
BMW Seri 5 Diesel |
Di tahun ini BMW menghadirkan produk baru, yaitu E36 3 Series coupe, 318is, 320i dan 325i.
BMW E36 3 Series |
BMW 318is |
BMW 320i |
BMW 325i |
Tahun1993
BMW E36 Seri 3 terdapat perubahan body versi terbaru. Sementara itu BMW Seri 5 menghadirkan jenis terbaru yakni 530i dan 540i.
BMW E36 Seri3 |
BMW 530i |
BMW 540i |
BMW mengenalkan produk terbarunya yaitu BMW E38 Seri 7.
BMW E38 Seri 7 |
Hanya terjadi perubahan bentuk body untuk BMW E36 Seri 3
Tahun 1996
Merupakan tahun untuk BMW E39 Seri 5.
Tahun 1997
BMW Seri Z di luncurkan dengan mesin 4 silinder saja
Desain baru yang lebih komplit serta interior lebih elegan, BMW E46 3 Series hadir namun dengan harga yang lumayan mahal
BMW E46 Seri 3 Series |
Tahun 1999
BMW E53 X5 SUV pertama kali di pamerkan di Spartanburg, Sout Carolina.
BMW E53 X5 SUV |
0 komentar:
Posting Komentar